Persiapkan Mahasiswa untuk Hadapi Dunia Kerja, UNTAG Surabaya Jalani Kerjasama dengan Beragam Perusa

Senin,29 April 2024 - 11:42:16 WIB
Dibaca: 46 kali

Acara seremonial penandatanganan perjanjian kerjasama MoU dan MoA kali ini diadakan untuk mengesahkan kerjasama antara beberapa perusahaan dengan UNTAG Surabaya. Acara ini dibawah naungan Biro Kemahasiswaan dan Alumni, BKA secara aktif bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang dapat membagikan informasi terkait pekerjaan yang bermanfaat untuk mahasiswa UNTAG Surabaya.

Acara yang diadakan di Meeting Room Lt. 2 (Q205), Gedung Q - Graha Prof. Roeslan Abdulgani ini menggaet dua perusahaan ternama yang berada dalam naungan OT Group. Antara lain PT Borwita Citra Prima dan PT Dewata Kencana Distribusi. Wakil Rektor I – Harjo Seputro, S.T., M.T menyambut baik tujuan kerjasama ini. Dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa “Setiap tahunnya kemitraan kami bertambah dan dari hasil survei, mitra menyebutkan bahwa mereka puas menjalin kerjasama dengan kami. Selain melakukan kerjasama, tentu saja kami mempersiapkan mahasiswa kami untuk dapat memiliki bekal rasa cinta tanah air yang tidak hanya berdampak membangun rasa nasionalis namun juga membangun prinsip-prinsip yang mempersiapkan mahasiswa untuk dapat bermasyarakat, bersosialisasi, dan siap menyambut lingkungan kerja”.

Dalam pelaporannya Kepala Bagian PKA BKA Untag Surabaya - Rahma Kusumandari, S.Psi, M.Psi, Psikolog menjelaskan bahwa “Kami sering bekerjasama dengan anak perusahaan dari OT Group. Meskipun baru kali ini melaksanakan penandatangan kerjasama, kami telah melaksanakan implementation agreement dan dalam hal ini kegiatan yang dilakukan ialah informasi seputar lowongan pekerjaan, magang, serta pembekalan kepada mahasiswa untuk memasuki dunia kerja”. Rahma juga melanjutkan, “saat ini perusahaan sulit untuk mendapatkan pelamar karena jumlahnya sedikit dan universitas juga merasa sulit untuk mencari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, menjalin kerjasama dengan beragam perusahaan menjadi solusi agar perusahaan mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan universitas dapat menyalurkan lulusan yang siap bekerja” tutupnya.

Sesi diskusi dibuka dengan perusahaan yang menjelaskan sedikit perihal latar belakang perusahaan. Head of HR PT Borwita Citra Prima – Rahardian Mahardika menyebutkan bahwa “PT Borwita Citra Prima merupak distributor resmi untuk produk kebutuhan sehari-hari. Kami merasa bekerja sama dengan kampus-kampus memang diperlukan, karena industry kami padat karya dan membutuhkan banyak tenaga kerja. Selain itu, karena perusahaan kami ingin selalu berkembang, kebutuhan akan sumber daya manusia akan selalu dibutuhkan dan dari sini kita bisa mempersiapkan bibit-bibit yang unggul. Ini juga menjadi salah satu movement yang strategis untuk mencari SDM yang berkualitas dan tentu saja memberikan sinergitas pada banyak aspek” pungkasnya. (as)


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya